SELAMAT DATANG

Selasa, 17 Mei 2011

elektronika

Dioda
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopediabebas

Akurasi Terperiksa
Langsungke: navigasi, cari
Dioda

Fotodaridiodasemikonduktor
Simbol

Tipe Komponenaktif

Kategori Semikonduktor (diodakristal)
Tabunghampa (diodatermionik)

Penemu Frederick Guthrie (1873) (diodatermionik)
Karl Ferdinand Braun (1874) (diodakristal)

Kotakini: lihat • bicara



Berbagaidiodasemikonduktor, bawahadalahpenyearahjembatan


Strukturdaridiodatabunghampa
Dalamelektronika, diodaadalahkomponenaktifbersalurandua (diodatermionikmungkinmemilikisaluranketigasebagaipemanas).Diodamempunyaiduaelektrodaaktifdimanaisyaratlistrikdapatmengalir, dankebanyakandiodadigunakankarenakarakteristiksatuarah yang dimilikinya.Diodavarikap (VARIableCAPacitor/kondensatorvariabel) digunakansebagaikondensatorterkendalitegangan.
Sifatkesearahan yang dimilikisebagianbesarjenisdiodaseringkalidisebutkarakteristikmenyearahkan.Fungsi paling umumdaridiodaadalahuntukmemperbolehkanaruslistrikmengalirdalamsuatuarah (disebutkondisipanjarmaju) danuntukmenahanarusdariarahsebaliknya (disebutkondisipanjarmundur).Karenanya, diodadapatdianggapsebagaiversielektronikdarikatuppadatransmisicairan.
Diodasebenarnyatidakmenunjukkankesearahanhidup-mati yang sempurna (benar-benarmenghantarsaatpanjarmajudanmenyumbatpadapanjarmundur), tetapimempunyaikarakteristiklistriktegangan-arustaklinierkompleks yang bergantungpadateknologi yang digunakandankondisipenggunaan.Beberapajenisdiodajugamempunyaifungsi yang tidakditujukanuntukpenggunaanpenyearahan.
Awalmuladaridiodaadalahperantikristal Cat's Whiskerdantabunghampa (jugadisebutkatuptermionik). Saatinidioda yang paling umumdibuatdaribahansemikonduktorsepertisilikonataugermanium.
Diodatermionik


Simboluntukdiodatabunghampapemanasantaklangung, dariataskebawahadalahanoda, katodadanfilamenpemanas
Diodatermionikadalahsebuahperantikatuptermionik yang merupakansusunanelektroda-elektroda di ruanghampadalamsampulgelas.Diodatermionikpertamabentuknyasangatmiripdengan bola lampupijar.
Dalamdiodakatuptermionik, aruslistrik yang melaluifilamenpemanassecaratidaklangsungmemanaskankatoda (Beberapadiodamenggunakanpemanasanlangsung, dimanafilamenwolframberlakusebagaipemanassekaligusjugasebagaikatoda), elektroda internal lainnyadilapisidengancampuranbariumdanstrontiumoksida, yang merupakanoksidadarilogamalkali tanah. Substansitersebutdipilihkarenamemilikifungsikerja yang kecil.Bahang yang dihasilkanmenimbulkanpancarantermionikelektronkeruanghampa.Dalamoperasimaju, elektrodalogamdisebelah yang disebutanodadiberimuatanpositifjadisecaraelektrostatikmenarikelektron yang terpancar.
Walaupunbegitu, elektrontidakdapatdipancarkandenganmudahdaripermukaananoda yang tidakterpanasiketikapolaritastegangandibalik.Karenanya, aliranlistrikterbalikapapun yang dihasilkandapatdiabaikan.
Dalamsebagianbesarabad ke-20, diodakatuptermionikdigunakandalampenggunaanisyarat analog, dansebagaipenyearahpadapemacudaya.Saatini, diodakatuphanyadigunakanpadapenggunaankhusussepertipenguatgitarlistrik, penguat audio kualitastinggisertaperalatantegangandandayatinggi.
Diodasemikonduktor
Sebagianbesardiodasaatiniberdasarkanpadateknologipertemuan p-n semikonduktor.Padadioda p-n, arusmengalirdarisisitipe-p (anoda) menujusisitipe-n (katoda), tetapitidakmengalirdalamarahsebaliknya.
TipelaindaridiodasemikonduktoradalahdiodaSchottky yang dibentukdaripertemuanantaralogamdansemikonduktor (sawarSchottky) sebagaigantipertemuan p-n konvensional.
Karakteristikarus–tegangan
Karakteristikarus–tegangandaridioda, ataukurva I–V, berhubungandenganperpindahandaripembawamelalui yang dinamakanlapisanpenipisanataudaerahpemiskinan yang terdapatpadapertemuan p-n diantarasemikonduktor.Ketikapertemuan p-n dibuat, elektron pita konduksidaridaerah N menyebarkedaerah P dimanaterdapatbanyaklubang yang menyebabkanelektronbergabungdanmengisilubang yang ada, baiklubangdanelektronbebas yang adalenyap, meninggalkan donor bermuatanpositifpadasisi-N danakseptorbermuatannegatifpadasisi-P. Daerah disekitarpertemuan p-n menjadidimiskinkandaripembawamuatandankarenanyaberlakusebagai isolator.
Walaupunbegitu, lebardaridaerahpemiskinantidakdapattumbuhtanpabatas.Untuksetiappasanganelektron-lubang yang bergabung, ion pengotorbermuatanpositifditinggalkanpadadaerahterkotori-n dan ion pengotorbermuatannegatifditinggalkanpadadaerahterkotori-p.Saatpenggabunganberlangsungdanlebihbanyak ion ditimbulkan, sebuahmedanlistrikterbentukdidalamdaerahpemiskinan yang memperlambatpenggabungandanakhirnyamenghentikannya. Medan listrikinimenghasilkantegangantetapdalampertemuan.


Dioda Diodazener


LED
Diodafoto


Diodaterobosan
Diodavaraktor


DiodaSchottky
SCR

Simbolberbagaijenisdioda


Kemasandiodasejajardengansimbolnya, pita menunjukkansisikatoda


Beberapajenisdioda
Ada beberapajenisdaridiodapertemuan yang hanyamenekankanperbedaanpadaaspekfisikbaikukurangeometrik, tingkatpengotoran, jeniselektrodaataupunjenispertemuan, ataubenar-benarperantiberbedasepertidioda Gunn, dioda laser dandiodaMOSFET.
Diodabiasa
Beroperasisepertipenjelasan di atas.Biasanyadibuatdarisilikonterkotoriatau yang lebihlangkadari germanium.Sebelumpengembangandiodapenyearahsilikon modern, digunakankuprousoksida (kuprox)danselenium, pertemuaninimemberikanefisiensi yang rendahdanpenurunanteganganmaju yang lebihtinggi (biasanya 1.4–1.7 V tiappertemuan, denganbanyaklapisanpertemuanditumpukuntukmempertinggiketahananterhadapteganganterbalik), danmemerlukanbenamanbahang yang besar (kadang-kadangperpanjangandarisubstratlogamdaridioda), jauhlebihbesardaridiodasilikonuntuk rating arus yang sama.

SEKRING


Fungsi sekring adalah melindungi perangkat
2
audio dan sistem kelistrikan mobil dari
kerusakan akibat hubungan arus pendek (short
circuit). Sekring memiliki simbol

Simbol sekring
Gambar sekring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

law ada yang kurang tolong beritahukan y???